Negara-Negara yang Gratiskan Vaksin Corona untuk Warganya, Indonesia?

Gak terasa ya Gan Sis, virus Covid-19 a.k.a Corona udah melanda dunia ini berbulan-bulan. Sejak kasus pertamanya tercatat pada bulan November, virus yang menyerang paru-paru ini bergerak begitu cepat seiring pergerakan manusia dari tempat satu ke tempat lain.

Kabarnya, vaksin untuk virus ini sedang diuji coba dan akan mulai didistribusikan pada tahun 2021. Di Indonesia pun, vaksin ini sudah datang dan sedang diuji coba sebelum didistribusikan pada masyarakat.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah vaksin ini bisa kita dapatkan secara gratis seperti negara-negara berikut ini yang menjamin vaksin gratis bagi seluruh warga negaranya. Negara apa aja ya Gan Sis? Simak kuy!

1. Amerika Serikat

Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan upayanya dalam memfasilitasi vaksin Covid-19 secara gratis untuk warganya, hal ini direncanakan oleh Badan Kesehatan Federal Amerika Serikat dan juga Departemen Pertahanan AS pada bulan Juni 2020 kemarin.

Untuk memfasilitasi vaksin Covid-19 secara gratis untuk warganya, Pemerintah Amerika Serikat akan menginvestasikan lebih dari US$10 miliar untuk proyek vaksin Covid-19 tersebut.

2. Jepang

Salah satu negara maju di Asia ini sudah memesan sejumlah dosis vaksin Covid-19 dari Pfizer Inc. yaitu pengembang vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat dan AstraZeneca, pengembang vaksin Covid-19 asal Inggris.

Menurut rencananya, semua warga negara Jepang akan mulai menerima vaksin Covid-19 secara gratis pada pertengahan tahun 2021 nanti. Dalam pendistribusiannya, Pemerintah Jepang akan memprioritaskan pekerja medis, orang tua dan orang yang memiliki penyakit penyerta untuk menerima vaksin Covid-19 lebih dulu.

3. Australia

Perdana Menteri Australia mengumumkan apabila uji coba terbukti berhasil, setiap warga Australia akan mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis sepanjang tahun 2021.

Demi kesehatan seluruh warganya, Pemerintah Australia akan mengalokasikan dana senilai US$1,7 miliar untuk vaksin Covid-19. Pemerintah Australia telah menandatangani kerjasama dengan Universitas Oxford/AstraZeneca dan Universitas Queensland/CSL sebagai penyedia vaksin Covid-19.

4. Malaysia

Jika vaksin Covid-19 sudah terbukti aman, Pemerintah Malaysia berencana akan menggratiskan vaksin tersebut bagi seluruh warga negaranya. Menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi, Khairy Jamaluddin mengatakan pihaknya akan merekomendasikan kabinet untuk memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada seluruh warga Malaysia.

Malaysia akan bekerjasama dengan Tiongkok untuk potensi nota kesepahaman untuk memastikan adanya akses ke vaksin Covid-19.